SISWA MTsN 1 KOTA LHOKSEUMAWE SIAP BERSAING DI AJANG KOMPETISI SAINS MADRASAH ONLINE (KSMO) 2020

0
55

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2020 berlangsung pada bulan November 2020. Ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia ini menjadi kompetisi yang ditunggu-tunggu siswa/i madrasah di seluruh Indonesia. Kompetisi yang diadakan sejak tahun 2012 ini diperuntukkan bagi berbagai jenjang pendidikan dengan mata lomba sebagai berikut:

  • Jenjang MI/SD: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Jenjang MTs/SMP: Matematika, Biologi dan Fisika
  • Jenjang MA/SMA: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi

Adapun yang membedakan KSM dengan Kompetisi Sains sejenis lainnya adalah soal-soalnya yang diintegrasikan dengan Agama Islam. 

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan KSM di masa pandemi ini, sistem ujian yang semula secara luring (ujian secara langsung) disesuaikan dengan kondisi saat ini dan diadakan secara daring (online). Sehingga pelaksanaan KSM tahun ini berubah menjadi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Tidak hanya namanya saja yang berubah, sistematika pelaksanaannya juga berubah. Pelaksanaan seleksi semula diadakan bertahap secara serentak mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi kemudian nasional. Namun pada KSMO 2020, pelaksaan seleksi diadakan langsung ke tingkat nasional.


Kementerian Agama Provinsi Aceh sendiri sangat kooperatif dalam memberikan dukungan terhadap siswa/i madrasah Provinsi Aceh, khususnya dengan memberikan pembimbingan gratis secara online via Aplikasi Zoom selama bulan Oktober 2020. Tidak hanya pembimbingan, siswa juga diberikan beberapa kali try out untuk melatih dan membiasakan siswa berhadapan dengan soal sekaligus mengukur kemampuannya. Di bulan November 2020, pembimbingan sudah berakhir disusul dengan pelaksanaan KSMO Nasional tanggal 9 November 2020 untuk tingkat MI, 10 November 2020 MTs dan 11 November MA.

MTsN 1 Kota Lhokseumawe juga sangat antusias dalam mempersiapkan siswa/i terbaiknya untuk menjadi perwakilan dalam ajang tersebut. Penyeleksian untuk tingkat satuan pendidikan sudah terlebih dulu diadakan pada bulan Maret sebelum pembelajaran tatap muka ditidakan. Setelah dikeluarkannya pengumuman resmi terkait tanggal pelaksanaan KSMO, maka siswa diberikan pembimbingan intens oleh masing-masing guru pembimbing tiap mata lomba, selain juga mendapat pembimbingan dari Kementerian Agama Provinsi Aceh. Adapun siswa yang mewakili untuk mata lomba Matematika adalah Luthfia Ramadhani dari Kelas IX-1, IPA oleh M. Haikal dari Kelas IX-1 dan IPS oleh Fahet Mahdefiqih Kelas VIII-1. Segala usaha dan doa telah dilakukan semaksimal mungkin, semoga   siswa/i kami mendapat hasil yang terbaik. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here