Peringatan Hari Guru Nasional Ke-76

0

Pagi hari pada tanggal 25 November 2021, rintik-rintik hujan membasahi lapangan upacara MTsN 1 Kota Lhokseumawe. Sebagian besar badan lapangan tergenang air hujan. Padahal sebentar lagi akan diadakan upacara peringatan Hari Guru Nasional yang ke-76. Upacara peringatan hari guru yang seyogyanya diadakan pada pukul 07.30 WIB terpaksa ditunda hingga hujan sedikit reda.

Saat yang dinantikan itu pun tiba. Sekira pukul 08.25 WIB, hujan mendadak berhenti, tapi langit masih mendung. Tanpa menunggu waktu lama, beberapa guru tampak mengatur barisan siswa. Yang akan bertindak sebagai pembina upacara adalah Tgk. Hamdani yang merupakan Ka TU Kankemenag Kota Lhokseumawe. Sedangkan yang menjadi pemimpin upacara adalah Bakhtiar, guru PPL yang sedang melaksanakan praktik mengajari di MTsN 1 Kota Lhokseumawe. Petugas upacara juga didominasi oleh guru-guru PPL. Biasanya yang menjadi petugas upacara adalah bapak dan ibu guru yang mengajar di madrasah ini.

Upacara peringatan hari guru berlangsung dengan tertib. Tgk Hamdani dalam nasehatnya mengingatkan kepada siswa agar memiliki adab dan akhlak yang baik, terutama adab dan akhlak kepada guru. Karena guru adalah orang yang membimbing para siswa untuk membentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Jika siswa tidak memiliki adab, maka ilmu yang diperolehnya tidak akan mendapat berkah.

Kolase peringatan Haro Guru Nasional

Saat menjelang upacara berakhir, hujan tiba-tiba mulai turun. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat peserta upacara saat mendengar pengarahan dari pembina upacara. Meskipun demikian, ada beberapa agenda yang telah disusun oleh OSIM MTsN 1 Kota Lhokseumawe terpaksa dibatalkan karena hujan mulai turun agak sedikit deras.

Acara tetap berlanjut diiringi rintik-rintik hujan. Dalam peringatan hari guru tahun ini juga diadakan penyerahan cendera mata dari pihak madrasah kepada Ibu Husniah (guru IPS) yang telah memasuki masa pensiun. Cendera mata diserahkan langsung oleh kepala madrasah, Herman, S.Pd, SH, M.Pd.

Puncak acara peringatan hari guru adalah dengan melepaskan balon ke udara dan pemotongan nasi tumpeng. Di akhir acara, siswa-siswi MTsN 1 Kota Lhokseumawe mempersembahkan musikalisasi puisi dan pementasa teater yang dipersembahkan untuk guru-guru MTsN 1 Kota Lhokseumawe.

Selamat Hari Guru! Terima kasih atas pengabdian bapak dan ibu guru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here