Firas dan Zanja Menuju KSM Provinsi 2022

0
Firas dan Zanja
Firas dan Zanja

Setelah hasil KSM Kota Lhokseumawe 2022 diumumkan pada hari Jumat (19/8/2022), dua murid MTsN 1 Kota Lhokseumawe berhasil meraih 2 penghargaan. Penghargaan sebagai pemenang 1 jatuh kepada Muhammad Firas Sabiq dalam bidang Matematika Terintegrasi. Sedangkan mitranya, Zanjabila Safitri berhasil meraih penghargaan sebagai terbaik 3 untuk bidang IPS Terpadu. Muhammad Firas Sabiq saat ini duduk di kelas IX-3 dan Zanjabila Safitri pada kelas IX-6.

Keduanya berhak untuk berkompetisi ke level yang lebih tinggi di tingkat provinsi. KSM Tingkat Provinsi rencananya akan diadakan pada hari Minggu (11/9/2022) mendatang untuk tingkat MTs/SMP. Sedangkan tingkat MA/SMA diadakan sehari sebelumnya. KSM 2022 tingkat provinsi masih dilakukan secara daring. Selama Covid-19 mulai menjadi pandemi sejak 2020, banyak kegiatan yang dilakukan secara daring seperti KSM.

KSM atau Kompetensi Sains Madrasah adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Ada beberapa tingkatan KSM yang diselenggarakan, yakni mulai dari level tingkat satuan pendidikan, tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi, dan nasional. Masing-masing harus melewati tahapan tersebut untuk bisa mencapai level nasional. KSM Tingkat Nasional hanya berhak diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi yang akan dilaksanakan pada 10 – 14 Oktober 2022 di Jakarta.

MTsN 1 Kota Lhokseumawe menaruh harapan besar kepada Firas dan Zanja untuk mendulang prestasi. Oleh karena itu, sejak beberapa hari terakhir, keduanya sangat tekun mengikuti pembekalan secara nasional melalui Zoom. Mereka akan dibimbing oleh tutor nasional yang kompeten di bidang masing-masing.

Baca Juga: Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED, Laptop Multitasking yang Terjangkau

Pembekalan dan bimbingan tidak hanya mereka peroleh secara daring saja bersama tutor nasional, mereka juga dibimbing oleh guru bidang studi masing-masing dengan penyesuaian jadwal belajar. Selama pembekalan, kedua siswa ini memperoleh tambahan wawasan secara signifikan. Hal ini terlihat dari ekspresi Zanjabila Safitri yang antusias dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. Materi yang disampaikan oleh Kak Salman, pemateri IPS Terpadu sangat mudah dipahami. Apalagi Kak Salman sangat lugas dan luwes. Kak Salman menyampaikan materinya langsung ke pokok permasalahan dan tidak kaku, sehingga suasana belajar pun lebih hidup. Selain itu, Zanja juga mendapatkan kenalan baru dari beberapa daerah lain.

Zanjabila Safitri, siswi kelahiran 14 Oktober 2007 ini bertekad untuk bisa memenangkan kompetisi. Oleh karena itu, pagi-pagi ia sudah menyiapkan segala kebutuhan belajar, termasuk sarapan. Belajar tentunya membutuhkan energi yang cukup agar otak mampu merespon setiap materi. Guru Pembimbing IPS, Qadrul Fahmi juga memberikan dukungan penuh bagi Zanjabila. Ia senantiasa mendampingi sang siswi di sela-sela kesibukannya mengajar.

Hal serupa juga dilakukan oleh Muhammad Firas Sabiq. Siswa yang terlihat kalem ini juga tak kalah seriusnya dalam mengikuti bimbingan secara daring. Tapi, Firas lebih senang belajar di ruangan yang agak tenang. Apalagi matematika membutuhkan penyelesaian soal-soal dengan memanfaatkan waktu se-efisien mungkin.

Firas yang senang bermain gim daring memanfaatkan bimbingan daring dengan semangat yang tinggi. Ia berharap bisa tembus ke tingkat nasional karena termotivasi dengan kakak kelas yang pernah tembus juga ke level nasional. Sebelum mengikuti KSM Tingkat Kota Lhokseumawe, Firas juga memperoleh bimbingan dari Maulidar, alumnus MTsN 1 Kota Lhokseumawe yang kini kuliah di MIPA Matematika Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Maulidar dulu pernah mengikuti KSM Tingkat Nasional mewakili Aceh.

Muhammad Firas Sabiq dan Zanjabila Safitri terus mengasah kemampuan mereka dalam menyelesaikan contoh-contoh soal. Dukungan kepada mereka juga datang dari kepala madrasah, Herman. Beliau berpesan kepada Firas dan Zanja untuk terus berusaha mencapai yang terbaik dan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Kita semua berharap agar Firas dan Zanja dapat memperoleh hasil terbaik dan mampu berkiprah di tingkat nasional. Amin!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here